Kamis, 21 Oktober 2010

Dua Kali Transit, Pemain Bakal Kelelahan

Pemain PSM Makassar diperkirakan bakal kelelahan dalam perjalanan ke Bandung untuk bertanding melawan tuan rumah Persib di Stadion Siliwangi, Bandung, Sabtu (23/10).
Bagaimana tidak, tim harus dua kali ganti pesawat dalam penerbangan dari Makassar ke Bandung, Kamis (21/10) siang ini. Andi Oddang dkk akan meninggalkan Makassar pukul 10.10 wita pagi menggunakan Lion Air.
"Tim berangkat naik Lion Air pukul 10.10 wita tujuan Bandung. Hanya saja pesawat transit di Surabaya dan Yogyakarta," kata Asisten Manajer Bidang Umum PSM, Faisal Maming, Rabu (20/10) tadi malam.
Menurut Faisal, perjalanan udara langsung dari Makassar ke Bandung cukup sulit. Karena tidak ada pilihan lan, maka tim harus dua kali ganti pesawat.
Pertama transit di Bandara Juanda, Surabaya untuk ganti pesawat tujuan Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Lalu di Yogya, tim ganti pesawat lagi untuk melanjutkan perjalanan ke Bandara Husein Sastranegara, Bandung.
Manajemen PSM memakai jalur transportasi udara menuju Bandung atas permintaan pelatih Robert Rene Alberts. Pelatih asal Belanda ini tidak mau tim berangkat ke Bandung jalur darat dari Jakarta.
Robert ingin menghindari jalur perjalanan darat dari Jakarta ke Bandung ditakutkan membuat pasukannya kelelahan. Padahal perjalanan Jakarta-Bandung hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam.
"Robert tak ingin perjalanan naik darat selama dua jam, sebab bakal mempengaruhi masa recovery (pemulihan) pemain," ujar asisten pelatih Liestiadi, Selasa (19/10) lalu.
Jika melihat jalur penerbangan PSM dengan dua kali transit, sebenarnya bakal lebih membuat pemin kelelahan. Logikanya, dua kali transit plus proses boarding di bandara bakal lebih menguras tenaga.
"Belum lagi jika pesawat yang ditunggu atau penerbangan mengalami delay. Tentu ini bakal lebih melelahkan. Seperti tidak kenal penerbangan Indonesia saja," komentar Ketua Suporter Hasanuddin, Karaeng Iskandar.(mam/rif/tribuntimur)

0 komentar:

Posting Komentar